Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Wednesday, 17 June 2015

Sakit Yang Biasa Terjadi Ketika Berpuasa

Sakit Yang Biasa Terjadi Ketika Berpuasa | Hari ini kita akan mula berpuasa di Bulan Ramadhan. Sudah tentu semua persiapan telah dilakukan dengan rapi. Apa-apa pun kita mesti mengetahui akan perihal sakit yang biasa terjadi kalau sahur dan juadah berbuka tidak menepati syarat gizi yang seimbang dan diamalkan setiap hari akan mengganggu kesihatan kita walaupun di saat kita berpuasa. 

Berikut adalah senarai sakit yang biasa terjadi ketika berpuasa di bulan Ramadhan.

Sakit Yang Biasa Terjadi Ketika Berpuasa

1. Gangguan Pencernaan
Penyebabnya, makan berlebihan. Terlalu banyak makanan goreng, berlemak, dan pedas, misalnya telur, kubis, dan kacang. Minuman berkarbonasi seperti soda juga menghasilkan gas. Oleh karena itu, jangan makan berlebihan dan minum jus buah. Hindari pula makan makanan yang digoreng.

2. Konstipasi atau Sembelit
Konstipasi atau sembelit bisa menyebabkan wasir dan gangguan pencernaan dengan perasaan kembung. Penyebabnya adalah karena terlalu banyak makanan olahan, kekurangan cairan, dan tak cukup serat. Untuk mencegah konstipas atau sembelit saat puasa, hindari makanan olahan yang berlebihan dan tingkatkan asupan air.

3. Maag/ Gastriks
Maag terjadi karena gangguan asam lambung akibat tak adanya asupan makanan selama sekitar 14 jam. Gejalanya ditandai dengan sakit pada ulu hati, mual, dan pusing.

Untuk mencegah maag saat puasa Ramadhan, perbanyak konsumsi makanan mengandung serat saat sahur, sehingga pengosongan lambung berjalan lebih lambat. Kombinasikan dengan karbohidrat kompleks untuk menjaga kecukupan kadar glukosa dalam tubuh. Dan yang penting, jangan menunda waktu berbuka puasa.

4. Gula Darah Rendah
Lesu, pening, mudah lelah, konsentrasi buruk, mudah berkeringat, merasa goncang (tremor), tak dapat melakukan aktivitas fisik, sakit kepala, adalah gejala gejala yang sering dijumpai pada penderita gula darah rendah. Untuk penderita yang bukan termasuk penderita diabetes, gejala ini disebabkan karena memiliki terlalu banyak gula, misalnya terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat saat sahur. Karena tubuh menghasilkan banyak insulin, dan membuat glukosa darah menurun, yang membuat tubuh lemas.

Untuk mencegah mengalami gangguan gula darah rendah, kurangi makanan yang manis-manis saat sahur. Untuk penderita diabetes (kencing manis), dianjurkan berkonsultas dengan dokter mereka untuk menjalani puasa.

5. Tekanan Darah Rendah
Keringat berlebihan, lemas, lesu, kurang tenaga, pusing (terutama saat bangkit dari tempat duduk), muka pucat dan serasa akan pingsan adalah gejala tekanan darah rendah. Gejala itu umumnya muncul di sore hari.

Untuk mengatasinya, tambahkan porsi minuman dan garam di malam hari dan perbanyak istirahat di sore hari. Bila tekanan darah tetap juga rendah, konsultasi dengan dokter.

6. Sakit kepala
Sakit kepala ketika sedang berpuasa ini biasanya terjadi pada orang yang kurang tidur, perokok, dan penggemar kopi. Kurangnya asupan kafein dan nikotin yang biasa diperoleh di siang hari bisa menyebabkan pusing. Untuk mengatasinya, kurangi asupan kafein dan tembakau secara perlahan satu atau dua minggu sebelum Ramadhan. Penuhi juga kebutuhan tidur Anda sekalipun mesti bersahur.

7. Hipoglikemia
Hipoglikemia adalah penyakit akibat turunnya kadar glukosa dalam darah hingga di bawah tingat normal. Gejalanya: cemas, gemetar, berdebar-debar, lemas, keringat berlebih, bingung, kesulitan bicara, dan penglihatan kabur.

Untuk mencegah hipoglikemia, bisa dilakukan dengan memperbanyak konsumsi sumber gula alami yang bersifat kompleks, seperti buah-buahan segar. Perbanyak juga asupan air putih dan kurangi asupan garam dalam makanan.

8. Kurang Konsentrasi dan Mengantuk
Kurangnya konsentrasi biasanya disebabkan oleh kurangnya konsumsi mineral dan serat yang cukup. Keseringan begadang juga akan menambah buruk keadaan. Untuk mengatasinya, konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A dan C serta perbanyak minum air putih. Sediakan waktu juga untuk sekedar istirahat atau tidur.

Jika anda mempunyai gejala di atas, RAWATAN BEKAM @ URUT boleh membantu dalam menyelesaikan masalah sebagaimana di atas. Insyallah kepada yang ingin berbekam di bulan puasa ini saya membuka Khidmat Bekam & Urut di Putrajaya & Kuantan  seperti berikut :-

  • PUTRAJAYA : 

ISNIN - KHAMIS : Temujanji pada jam 10.00 malam @ Selepas Terawih

  • KUANTAN : 

SABTU & AHAD : Temujanji pada jam 10.00 malam @ Selepas Terawih
ISNIN - AHAD  : (Mula Bulan 7 sehingga habis Ramadhan pada jam 10.00 malam @ Selepas Terawih)

Nombor telefon untuk dihubungi : 019-997 8427 (Asyraf)

No comments:

Post a Comment